Perencanaan Strategis (dalam nirlaba atau organisasi nirlaba)

Perencanaan Strategis (dalam nirlaba atau organisasi nirlaba)

© Copyright Carter McNamara, MBA, PhD, Authenticity Consulting, LLC, experts in strategic planning . © Copyright Carter McNamara, MBA, PhD, Authenticity Consulting, LLC, ahli dalam perencanaan strategis .
Adapted from the Field Guide to Nonprofit Strategic Planning and Facilitation . Diadaptasi dari Panduan Lapangan untuk Nirlaba Perencanaan Strategis dan Fasilitasi .

Secara sederhana, perencanaan strategis yang menentukan di mana sebuah organisasi akan selama tahun depan atau lebih, bagaimana akan ke sana dan bagaimana hal itu akan tahu apakah itu bisa di sana atau tidak. Fokus dari rencana strategis biasanya di seluruh organisasi, sedangkan fokus dari rencana bisnis biasanya pada produk tertentu, layanan atau program.

Ada berbagai perspektif, model dan pendekatan yang digunakan dalam perencanaan strategis. Cara rencana strategis yang dikembangkan tergantung pada sifat kepemimpinan organisasi, budaya organisasi, kompleksitas organisasi lingkungan, ukuran organisasi, keahlian para perencana, dll. Misalnya, ada berbagai model perencanaan strategis, termasuk tujuan-based, berbasis isu, organik, skenario (beberapa akan menegaskan bahwa perencanaan skenario lebih merupakan teknik dari model), dll berbasis perencanaan Tujuan mungkin adalah yang paling umum dan mulai dengan fokus pada organisasi misi (dan visi dan / atau nilai), tujuan untuk mewujudkan misi, strategi untuk mencapai tujuan, dan perencanaan tindakan (yang akan melakukan apa dan kapan) berdasarkan perencanaan strategis-Masalah sering dimulai dengan memeriksa masalah yang dihadapi organisasi, strategi untuk mengatasi isu-isu dan rencana aksi. Perencanaan strategis Organik mungkin mulai dengan mengartikulasikan visi organisasi dan nilai-nilai, dan kemudian rencana tindakan untuk mencapai visi sekaligus taat pada nilai-nilai.Beberapa perencana lebih menyukai pendekatan tertentu untuk perencanaan, misalnya, pertanyaan apresiatif. Beberapa rencana scoped untuk satu tahun, banyak tiga tahun, dan beberapa sampai lima sampai sepuluh tahun ke depan. Beberapa rencana hanya mencakup tingkat informasi atas dan tidak ada rencana aksi.

Cukup sering, perencana strategis organisasi yang sudah tahu banyak tentang apa yang akan masuk ke dalam rencana strategis (ini benar untuk perencanaan bisnis, juga). Namun, penyusunan rencana strategis sangat membantu untuk menjelaskan rencana organisasi dan memastikan bahwa para pemimpin kunci semua "pada script yang sama". Jauh lebih penting daripada dokumen rencana strategis, adalah proses perencanaan strategis itu sendiri.