Peranan akuntansi dan pelaporan keuangan adalah untuk menyajikan informasi yang bersifat netral dan tidak bias yang membantu meningkatkan efisiensi alokasi sumber kekayaan yang terbatas pada pasar modal dan lainnya. Daftar-daftar keuangan juga disajikan berdasarkan pada tujuan eksternal pelaporan keuangan diarahkan pada kepentingan umum pengguna daftar keuangan yaitu kemampuan perusahaan menperoleh arus kas positif dari operasinya. Objektivitas pelaporan keuangan dihubungkan dengan keterlibatan peranan akuntansi dan pelaporan keuangan dan diarahkan pada tujuan umum pelaporan keuangan oleh satuan usaha.

Terdapat 3 dasar objektivitas pelaporan keuang yang terdapat dalam Statement of Financial Accounting Concept No. 1 yaitu:

1. Financial accounting should provide information that is useful to present and po-tential investors and creditors and other users in making rational investment, credit and similar decisions. The Information should be comprehensible to those who have a reasonable understanding of business and economic activities and are willing to study the informatin with reasonable diligence.

2. Financial reporting should provide information to help present and potential inves-tors and creditos and other users to assess the amounts, timing, and uncertaninty of prospective cash receipts from dividends or interest and the proceed from the sale, redemption, or maturity of securities or loans. Since investors’ and creditors’ cash flows are related to enterprise cash flows, financial reporting should provide information to help investors and creditors and other assess the amounts, timing, and uncertainty prospective net cash inflows to the related enterprise.

3. Financial reporting should provide information about the economic resources of enterprise, wich are sources, direct or indirect, of future cash inflows; the claims to those resources (obligation of the enterprise to transfer resources to other entities and owners’ equity), wich are sources, direct or indirect, or future cash outflows; and the effect of transactions, events, and circumstances that cause changes in resources and claims to those resources.

Objektivitas laporan keuangan membutuhkan satu fokus agar supaya tidak menjadi kabur atau abstrak. Oleh karenanya, objektivitas menekankan pada informasi yang bermanfaat untuk keputusan-keputusan investasi dan kredit. Para inestor, kreditor dan penasehatnya merupakan pemakai informasi daftar keuangan yang berada di luar perusahaan. Mereka sedikit sekali memperoleh penjelasan informasi keuangan yang mereka butuhkan. Mereka memperoleh informasi yang dibutuhkan sama seperti umumnya kelompok pengguna lainnya yang berkepentingan atas keuangan perusahaan. Ketiga dasar objektivitas laporan keuang diatas adalah sangat penting sebab ketiganya menyajikan sesuatu yang berharga yang membantu didalam peme-cahan masalah-masalah khususnya menyangkut akuntansi dan laporan keu-angan. Ketiga objektivitas adalah merupakan bahagian dari laporan keuangan bukan merupakan tujuan dari para investor, kreditor atau kelompok lainnya yang menggunakan informasi daftar keuangan. Oleh karenanya konsisten dengan peranan penyajian informasi keuangan yang bermanfaat dalam membuat keputusan ekonomi, dan bukan membantu untuk dapat menentukan keputusan apa yang harus diambil.

Objektivitas pertama adalah luas dan berfokus pada informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan bagi investor dan kreditor. Objektivitas ini menekankan informasi yang bermanfaat baik secara langsung maupun tidak dengan kepentingan organisasi. Para investor, kreditor dan lainnya yang meng-gunakan informasi keuangan memiliki tingkat pemahaman informasi keuangan yang bervariasi. Cara dan perhatian mereka dalam menggunakan informasi juga sangat bervariasi. Informasi keuangan adalah alat, oleh karenanya tidak dapat banyak membantu bagi mereka yang tidak memamahaminya, bagi mereka yang tidak berkeinginan menggunakannya, atau bagi mereka yang tidak memerlu-kannya.

Dengan demikian, khususnya, objektivitas pertama laporan keuangan harus menyajikan informasi yang dapat digunakan oleh orang-orang yang yang memiliki latar belakang pemahaman aktivitas usaha dan ekonomi yang memadai dan berkeinginan untuk menggunakan informasi secara tepat. Objektivitas kedua lebih menjurus pada kepetingan investor, kreditor dalam penerimaan uang tunai sebagai hasil dari investasi atau pinjaman yang diberikan kepada perusahaan. Objektivitas ini juga menghubungkan prospek penerimaan tunai bagi para investor dan kreditor dengan prospek penerimaan uang tunai bagi perusahaan. Kemampuan perusahaan membayar dividen dan bunga, seperti yang terjadi dalam pasar saham, dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan mencip-takan arus kas yang menguntungkan. Oleh karenanya, untuk menentukan prospek arus kas mereka, para investor, kreditor dan lainnya dapat memperoleh informasi yang membantunya menentukan jumlah, waktu dan ketidak pastian harapan perolehan uang tunai dari perusahaan bersangkutan.

Objektivitas ketiga menekankan jaminan informasi tentang keterbatasan sumbersumber ekonomi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan aktivitas ekonomi, klaim atas sumber-sumber, dan perubahan atas sumber-sumber ekonomi dan kewajibankewajiban yang dibawa oleh aktivitas mendapatkan pendapatan atau aktivitas operasi lainnya. Informasi seperti ini membantu investor, kreditor dan lainnya untuk menyatakan kelemahan dan kekuatan keuangan perusahaan, menentukan kemampuan perusahaan untuk membayar hutang jangka pendek dan jangka panjang. Lebih dari itu, laporan juga menyajikan secara langsung indikasi adanya potensi arus kas dari beberapa sumber dan kebutuhan kas untuk melunasi berbagai kewajiban. Walaupun banyak arus kas yang tidak dapat di hubungkan dengan sumber-sumber dan kewajiban-kewajiban khusus, namun sebagai peng-gantinya, dapat terlihat dari kombinasi sumber-sumber didalam aktivitas operasi perusahaan. Atas dasar alasan ini, laporan keuangan harus menyajikan informasi tentang kinerja keuangan perusahaan, yang diperlihatkan dalam perolehan keuntungan dalam satu periode. Sesuai dengan FASB, “the primary focus of financial reporting is information about an enterprise’s performance provided by measures of earnings and its components. Para investor dan kreditor dapat menggunakan evaluasi kinerja perolehan keuntungan perusahaan untuk memben-tuk harapan kinerja keuntungan di masa akan datang, yang menjanjikan harapan arus kasa atas investasi atau pinjaman yang diberikan kepada perusahaan.

sumber : F adriana